ASC XXVIII SMA Al Kautsar Saring Bibit Unggul Bidang Sains
blog-img
18/01/2024

ASC XXVIII SMA Al Kautsar Saring Bibit Unggul Bidang Sains

Lukman | Pendidikan

SMA Al Kautsar menggelar Al Kautsar Science Competition (ASC) XXVIII jenjang SMP/MTs se Provinsi Lampung. Even yang berlangsung selama dua hari, 17-18 Januari 2024 ini diikuti oleh 276 peserta dari 30 SMP/MTs se Lampung.

Dalam sambutannya, Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan ASC merupakan rangkaian Milad ke-32 Yayasan Al Kautsar dan ajang berkompetisi serta menyaring bibit-bibit unggul bidang sains.

“Kami berharap, para peserta yang mengikuti ASC ini dapat bergabung dengan SMA Al Kautsar. Para juara 1, 2 dan 3 ASC dapat diterima tanpa tes di kelas reguler SMA Al Kautsar, kalau pun mau masuk kelas unggul bisa mengikuti tes jalur unggul,” kata Eko Anzair.

Menurutnya, ASC Al Kautsar ini dapat menjadi ajang pemanasan bagi para siswa ketika nanti akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) baik tingkat kota, provinsi dan nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas).

Eko mengatakan, selama 7 tahun terakhir SMA Al Kautsar selalu berpartisipasi dalam OSN. Untuk tingkat kota, SMA Al Kautsar telah mengumpulkan 73 medali, yaitu 20 medali emas, 30 medali perak dan 23 medali perunggu.

Pada tingkat provinsi telah mengumpulkan 36 medali, yaitu 16 medali emas, 8 medali perak, dan 12 medali perunggu.

Di OSN tingkat nasional berhasil mendapatkan 4 medali emas 1 medali perak dan 10 medali perunggu. Sedangkan, di tingkat internasional mendapatkan 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

“Sekitar 80% dari siswa peraih medali tersebut adalah alumni peserta ASC yang bergabung dengan SMA Al Kautsar,” kata Eko.

Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso menyatakan, ajang ASC ini juga dalam rangka menumbuhkan kecintaan siswa kepada ilmu pengetahuan dan melatih mental dalam berkompetisi.

“Kami sangat mendukung anak-anak untuk mencintai ilmu pengetahuan. Ini juga bisa mengantarkan kalian menuju cita-cita dan karir nantinya. Terbukti, banyak siswa kami peserta olimpiade nasional yang diterima di PTN yang diinginkan dengan lebih mudah, menggunakan sertifikat lombanya,” katanya.

Wagiso menyatakan, para peserta ASC yang nantinya bergabung dengan SMA Al Kautsar, akan dilatih dan dibina sesuai bidangnya masing-masing untuk maju ke OSN kota, provinsi, nasional hingga internasional.

Pihak yayasan juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk pembinaan para siswa hingga apresiasi bagi para pemenang lomba olimpiade.

“SMA Al Kautsar sudah membuka pendaftaran jalur kelas Unggul dan Plus, nanti jalur Reguler akan dibuka pada 20 Januari hingga 28 Februari, masih ada waktu. Kami mengajak anak-anak semua untuk bergabung di SMA Al Kautsar,” ujarnya.

Ketua Panitia ASC XXVIII SMA Al Kautsar, Muhammad Zainul Wahid mengatakan terdapat dua cabang lomba pada ASC, yaitu Olimpiade Sains dan LCT Sains. Untuk Olimpiade Sains ada 9 mata pelajaran, yaitu Informatika, Ekonomi, Kebumian, Geologi, Matematika, Astronomi, Kimia, Fisika, dan Geografi. (R-2)

Sumber :

https://portallnews.id/headline/asc-xxviii-sma-al-kautsar-saring-bibit-unggul-bidang-sains/

Bagikan Ke:

Populer